Home » » BEASISWA TURKIYE YTB ( YABANCI TURKIYE BURSLARI )

BEASISWA TURKIYE YTB ( YABANCI TURKIYE BURSLARI )

Written By Unknown on Selasa, 21 Januari 2014 | 10.34

BEASISWA PEMERINTAH TURKI


Pertama, saya ingin mengucapkan selamat kepada teman - teman, karena dengan berniat membaca post ini berarti teman - teman sekalian sudah memiliki keinginan yang kuat terhadap apa yang ingin dicapai ke depannya. Kebetulan ini juga post pertama saya yang menggunakan Bahasa dan saya sangat berharap sekali kalau post ini nantinya bisa membantu teman - teman dalam meraih mimpinya. Sekali lagi saya juga berharap setelah membaca post ini membuat semangat teman - teman menjadi lebih berkobar daripada sebelumnya.
Apakah Itu Turkiye Burslari (dibaca: Turkiye Burslare)? 
Turkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki untuk para pelajar asing yang ingin melanjutkan study-nya di negara Ottoman tersebut. Beasiswa ini full (rinciannya nanti akan saya tuliskan dibawah) dan tidak bersifat mengikat. Beasiswa ini juga mencangkup hampir seluruh program study, tidak terkecuali program ilmu alam maupun ilmu humaniora.


Apa Saja Keuntungan yang Didapat dengan Memperoleh Beasiswa Ini?
Keuntungan beasiswa Turkiye Burslari ini cukup banyak jika dibandingkan dengan beasiswa S1 lainnya, sebab namanya saja beasiswa full, berikut rinciannya;
1. Uang saku perbulan sebesar 500 TL atau sekitar 2.800.000 rupiah (ini banyak banget menurutku, aku biasanya bisa pakai untuk nabung)
2. Tinggal di asrama pemerintah secara gratis, yang di dalamnya dilengkapi fasilitas wi-fi 24 jam, kantin, tempat cukur/barber shop (untuk beberapa asrama) dan ruang belajar tersendiri
3. Makan pagi dan malam (jika tinggal di asrama pemerintah)
4. Tiket keberangkatan dan tiket saat nanti telah menyelesaikan kuliah di Turki
5. Kursus Bahasa Turki selama setahun



Apa Saja yang Diperlukan Untuk Mendaftar?
1. Transkrip nilai, karena mayoritas SMA di Indonesia menggunakan buku rapot maka saya sisipkan contoh Transkrip yang saya buat untuk mendaftar beasiswa, teman - teman nanti tinggal mengisi nilainya sendiri sesuai dengan yang ada di buku rapot teman - teman
2. Ijazah, karena biasanya beasiswa ini dibuka bulan Mei dan batas akhir apply-nya bulan Juni maka Ijazah dapat digantikan dengan Surat Keterangan Lulus atau Certificate of Student Status. Certificate of Student Status adalah surat yang menjelaskan tentang status teman - teman saat ini, nanti juga akan saya sisipkan dan jikalau ada pertanyaan teman - teman bisa langsung menanyakannya kepada saya
3. Passport, bisa dikantikan dengan ID Card lainnya, seperti Kartu Tanda Penduduk maupun Kartu Pelajar.
4. TOEFL/SAT/GRE, ini opsional (boleh tidak dimasukkan/boleh iya) namun jika mempunyai sertifikat tersebut akan menjadi sebuah nilai tambah teman - teman nantinya saat mendaftar. Kalau tidak punya jangan cemas, saya juga dulu mendaftarnya tidak punya TOEFL :)
5. Recommendation Letter, Surat rekomendasi. Ini juga opsional, teman - teman dapat mencari contohnya di Google. Teman - teman dapat meminta langsung ke wali kelas/kepala sekolah teman - teman atau jika yang dimintai tidak bisa, teman - teman dapat membuatnya sendiri (dengan persetujuan terlebih dahulu tentunya) lalu nanti minta tanda tangan si pemberi rekomendasi.



Bagaimana Cara Mendaftarnya?
Teman - teman dapat mendaftarkan diri di www.turkiyeburslari.gov.tr pada waktu yang telah ditentukan oleh komite beasiswa. Biasanya pendaftaran dimulai dari bulan Mei hingga bulan Juni. 



Apakah Dokumennya HARUS Dalam Bahasa Inggris?
Tidak, namun ini nantinya akan mempermudah teman - teman jika lolos beasiswa ini. Teman - teman tidak perlu buang - buang uang lagi untuk pergi ke sworn translator (50 ribu/lembar) karena teman - teman sudah mendapatkan tanda tangan dari kepala sekolah teman - teman (artinya sah tidak dibuat - buat).



Apa Saja Tahapan yang Harus Dilalui?
Tahapan beasiswa Turkiye Burslari cukup ringan saya rasa, hanya ada tahapan administrasi (tahap awal saat mendaftar) jika lolos (nanti ada e-mail pemberitahuan) lanjut ke tahap akhir yaitu interview langsung dengan Komite Beasiswa dari Turki dan jika lolos tahap ini artinya satu bangku kuliah Turki adalah milik teman - teman. Tahapan administrasi adalah dengan mengisi beberapa form online, pada tahapan ini teman - teman juga dituntut untuk membuat letter of intent dan beberapa essay yang berhubungan dengan perkuliahan teman - teman di Turki nanti. Sedangkan untuk tahap wawancara, teman - teman akan dipanggil ke Kedutaan Besar Turki, pada tahap ini teman - teman harus se-passionate yang teman - teman mampu, karena ini adalah tahap penentuan dan jumlah yang diwawancara juga tidak sedikit.



Berikut ini adalah beberapa contoh dokumen yang saya gunakan pada pendaftaran beasiswa Turkiye Burslari, teman - teman dapat mengunduhnya dan meng-edit-nya, sehingga dapat digunakan untuk mendaftar :
3. National Examination Score (jikalau sudah keluar hasil UN-nya)



Sekian dulu teman - teman, kalau ada pertanyaan bisa ditulis di komentar di bawah ini, sebenarnya saya ingin menulis panjang lebar tapi kurang seru rasanya jika tidak ditanyakan. InshaAllah saya akan membantu teman - teman sekalian semampu saya. Sekali lagi, Selamat! Teman - teman sudah satu langkah lebih dekat ke Turki.
http://www.turkiyeburslari.gov.tr
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

29 Januari 2015 pukul 02.58

ingin bertanya soal postingan ini, smg dapat di jawab.. untuk pemilihan universitas dari program beasiswa ini kan dibebaskan, maksimal memilih 12 univ. nah untuk pemilihan prodi/jurusnnya bagaimana? apakah setiap memilih univ beserta jurusannya masing2? dan berapakah prodi yg dapat kita pilih di setiap univ? mohon penjelasannya, terimakasih sebelumnya :)

5 November 2015 pukul 18.11

selamat pagi kak Nuraini Risdayanti,mohon maaf, saya baru lihat komentar anda, jadi baru saya bales sekarang.
untuk memilih jurusan dalam universitas dibebaskan berapa aja, namun biasanya team penyeleksi melihat dari kesungguhan anda, dalam memilih jurusan. misalnya kalau anda ingin memilih jurusan pendidikan, ya di usahakan 3 universitas harus pendidikan juga, tapi kalau anda setiap universitas memilih jurusn yang berbeda tentu itu akan membuat ragu penyeleksi beasiswa. so pilihlah jurusan yang anda minati dengan sungguh sungguh.

Posting Komentar

Template Information

 

Copyright © 2013. Nana Zone